Setiap foto memiliki ceritanya masing-masing..

Mulai saat ini saya akan membahas tentang foto-foto yang pernah saya ambil beserta dengan cerita di belakang layar..

Setiap foto memiliki arti tersendiri dan setiap orang dapat memiliki penafsiran yang berbeda, dan tidak mudah agar  banyak orang menangkap pesan yang sama dari sebuah foto. Hal ini lah yang harus mampu dimiliki seorang fotografer, agar setiap (atau sebagian besar) orang  yang dapat memahami sebuah foto dengan penafsiran yang sama terhadap suatu foto, sejauh mana kemampuan fotografer untuk mengkomunikasikan suatu pesan melewati media visual yang dituangkan dalam fotografi.

Saya akan menshare hasil karya foto konsep pertama saya saat baru sehari memiliki kamera E-PL1. Ini adalah cikal bakal saya dalam membuat concept photoshoot. Yah, walaupun memang belum sebanyak itu konsep foto yang saya buat, namun yang paling penting adalah mencoba sebisa mungkin untuk mendekati imajinasi yang terbayang di dalam otak saya.

Jadi setelah saya menerima kiriman kamera yang saya dapatkan dari kaskus, saya langsung mengoprek manual book dan kamera pertama saya tersebut sampai akhirnya tertidur.

Saat saya bangun di pagi hari, saya melihat ada boneka-boneka yang terletak di meja lampu dan tiba-tiba saja mendapatkan “ilham” (inspirasi) untuk membuat cerita dari boneka-boneka tersebut. (FYI: boneka-boneka tersebut adalah pemberian orang, hadiah dan oleh-oleh)

Saya terpikir untuk membuat cerita persahabatan sederhana antar boneka ditambah bumbu komedi dan beginilah hasilnya:

The Dolls Story

Mungkin terlihat simple dan konyol, namun pada saat itu saya sangat puas terhadap hasilnya! Karena itu pertama kalinya saya berhasil melakukan concept photoshot menggunakan boneka-boneka tersebut. Hahaha.

Dari foto-foto di album tersebut, apakah kamu bisa menangkap pesan dari setiap foto?

Bagaimana pendapat kalian mengenai sebuah konsep foto?

Apakah kamu pernah membuat konsep foto?

Silahkan share dan beri pendapat kalian di kolom komentar!🙂

Next time, saya akan membahas hasil foto saya yang lain dengan cerita dibelakangnya..

Jangan lupa cek web portfolio kami  dan blog fotografi kami 😀

See you!